Visi dan Misi

VISI
Untuk menyatukan persepsi dan fokus arah tindakan dimaksud, meka pelaksanaan tugas dan fungsi dilandasi suatu Visi dan Misi yang ingin diwujudkan. Visi dan Misi merupakan paduan yang merealisasikan pandangan dan arah kedepan sebagai dasar acuan dalam menjalankan tugas dan fungsi dalam mencapai sasaran atau target yang ditetapkan. Visi Sekretariat DPRD Kota Jambi dapat dirumuskan sebagai berikut :
"TERWUJUDNYA PELAYANAN PRIMA SEKRETARIAT DPRD KOTA JAMBI SEBAGAI FASILITATOR DAN MEDIATOR ANTARA EKSEKUTIF DAN LEGISLATIF MENUJU TERCIPTANYA PEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE) DI KOTA JAMBI

Maksud dari Visi tersebut adalah :

  1. Terwujudnya pelayanan prima (service excellence), maksudnya adalah bahwa Sekretariat DPRD Kota Jambi dalam memberikan pelayanan dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan DPRD harus merupakan pelayanan terbaik yang sudah direncanakan dengan sebaik-baiknya serta memenuhi kaidah-kaidah tata laksana layanan umum seperti kesederhanaan, prosedur, kejelasan, kepastian, keamanan, keterbukaan, efisisien, ekonomis, keadilan dan ketepatan waktu.
  2. Sebagai Fasilitator,mengandung makna bahwa Sekretariat DPRD harus mampu memberikan dukungan tehnis, administrasi dan keahlian secara maksimal sebagai Suporting System DPRD dakam menjalankan Tugas Pokok dan Fungsinya.
  3. Sebagai Mediator, mengandung makna bahwa Sekretariat DPRD Kota Jambi harus mampu menjadi mitra strategis yang menjembatani unsur Legislatif dan Eksejutif di Kota Jambi serta selalu mengambil sikap proaktif dalam berkomunikasi dengan lembaga-lembaga yang potensial bersinergi dengan lembaga legislatif guna mewujudkan keharmonisan unsur penyelenggaraan pemerintahan di Kota Jambi.

MISI

Dari formulasi yang telah disampaikan di atas maka ditetapkan Misi Sekretariat DPRD Kota Jambi, yang mengambarkan hal yang harus dilaksanakan yaitu :

  1. Mewujudkan peningkatan kwalitas dukungan pelaksanaan tugas dan Fungsi DPRD Kota Jambi.
  2. Mewujudkan sinergitas kelembagaan antara eksekutif dan legislatif.
  3. Mewujudkan ketersediaan sarana dan prasarana penunjang yang baik dalam rangka mendukung tugas dan fungsi Dewan.