SUTIONO : NANTI KITA CEK KUALITAS BANGKU SEKOLAH

SUTIONO : NANTI KITA CEK KUALITAS BANGKU SEKOLAH

Kota Jambi, senin (26/9) kemarin, Komisi IV DPRD kota jambi, menggelar hearing dengan dinas Pendidikan (Disdik) kota jambi, dalam hearing ini terkuak nilai pengadaan per unit bangku sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di kota jambi, ternyata sangat fantastis. Dalam hearing yang dipimpin ketua komisi IV Sutiono, terungkap angka satu shet bangku untuk anak SD mendekati angka Rp 1 juta.

Disampaikan Kepala Disdik kota jambi, pengadaan bangku SD di tahun 2016 senilai Rp 9,5 miliar, anggaran sekitar Rp 5 miliar untuk 5 ribu unit bangku. Usai hearing, saiful saat ditemui mengatakan, bangku sekolah yang diadakan dengan menggunakan anggaran 2016 sudah diserahkan ke sekolah pertama. “sudah diserahkan, ada SK nya,” kata saiful.

Ditanya mengenai besarnya anggaran untuk setiap unit bangku, saiful mengatakan, sudah berdasarkan perencanaan. “itu sudah sesuai perencanaan, kan perencanaan juga dari PU,” tegas saiful. Sementara itu, ketua komisi IV DPRD Kota Jambi, Sutiono mengaku, anggaran bangku sekolah sangat fantastis. Pihaknya langsung turun lapangan mengecek kualitas dan sebaran bangku yang sudah selesai pengerjaannya.

Dengan anggaran yang sangat besar tersebut diharapkan kualitas bangku sekolah memang benar-benar baik dan bagus. “itu yang kita harapkan, besok (hari ini) kami akan cek sampel bangku sekolahnya,” terang anggota Fraksi PDIP ini. Selain itu kata dia, berdasarkan keterangan dari kadisdik kota jambi, di tahun 2016 juga ada anggran untuk pengadaan 5 ribu shet meuble SMP, yang nilainya sebesar Rp 5 miliar lebih. “itu juga akan kita cek,” ucapnya.

Sementara itu dalam hearing, Saiful Ihsan anggota Komisi IV lainnya mempertanyakan apakah meuble tersebut dari pabrikan atau tidak. Karena menurutnya dengan anggran yang besar untuk setiap shetnya, seharusnya bangku SD dan SMP dari pabrikan dengan kualitas terbaik. “kalau anggarannya sebesar itu, kualitas harus bagus. Seperti barang pabrikan,” ucap anggota Fraksi PAN DPRD Kota Jambi.